Jumat, Januari 29, 2016

SKEMA RANGKAIAN VOLUME CONTROL DIGITAL IC DS1669

Rangkaian volume kontrol digital ini dibuat menggunakan IC DS1669 sehingga rangkaian volume control ini menjadi sangat sederhana. IC DS1669 merupakan chip IC produksi Dalas yang berfungsi sebagai potensiometer digital dengan 2 buah tombol untuk mengtur level resistansi yang terdapat pada IC DS1669 tersebut. Untuk membuat rangkaian dasar dari volume contol digital diatas dapat dilihat rangkaian dan daftar komponen sebagai berikut. 

Rangkaian Volume Control Digital IC DS1669
RANGKAIAN VOLUME CONTROL

Daftar Komponen Rangkaian Volume Control Digital IC DS1669
Part         Description
C1         0.1uf
U1         DS1669
S1, S2 Push Button Switch

Rangkaian volume kontrol digital pada gambar diatas menggunakan 2 unit tombol push button untuk mengtur nilai resistansi output IC DS1669. IC potensiometer digital tipe DS1669 ini dapat digunakan untuk mengontrol level sinyal audio yang dijalankan oleh rangkaian volume digital diatas. 

Tombol S1 berfungsi sebagai tombol UP. Apabila tombol UP ini ditekan maka level sinyal audio yang diproses dengan IC ini akan naik. 


Tombol 2, berfungsi sebagai tombol UP yang merupakan tombol untuk menurunkan level tegangan sinyal input yang diproses. 

Sinyal input dan sinyal output yang dikontrol dengan potensiometer digital IC DS1669 pada gambar diatas dapat dikontrol level tegangannya menggunakan tombol UP (S1) dan tombol Down (S2). 


Power supply untuk rangkaian volume kontrol digita pada gambar diatas membutuhkan sumber tegangan DC +5 Volt DC untuk beroperasi dengan baik. Power supply untuk rangkaian volume kontrol digital ini membutuhkan sumbe tegangan DC yang stabil dan rata, hal ini bertujuan untuk menghindari noise. - Sumber : (SRPCB).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar