Tuesday, March 15, 2016

LISTRIK, TAK KENAL MAKA TAK HATI-HATI

Apa itu Listrik?

Jaringan Tegangan Tinggi
Jaringan Tegangan Tinggi
Listrik (atau “setrum”)? Ini merupakan kata-kata atau istilah yang sangat familiar bagi masyarakat umum. Sering kita mendengar kata-kata ini diucapkan dalam pembicaraan sehari-hari : “bayar listrik”, “tagihan listrik”, “tukang listrik”, “toko listrik”, dlsb..

Bila ditelusuri lebih dalam, banyak pula yang tidak tahu apa sih listrik itu? termasuk makhluk apakah doi ini? keren nggak ya? berbahaya nggak sih?

Bocorannya nih…kalo udah kenal sih sebenarnya si listrik ini keren tapi sekaligus berbahaya. Sama seperti api, si jago merah, yang bisa dikatakan kawan tapi sekaligus juga lawan. Nah, to the point aja.. kalo ingin tahu, silahkan melanjutkan baca artikel ini.

Saturday, March 12, 2016

PANDANGAN ISLAM TERHADAP TEORI EVOLUSI BUMI

Teori Evolusi Bumi 1

A. Pendahuluan

Perkembangan teori evolusi telah menimbulkan pro kontra yang berkepanjangan di kalangan para ilmuwan. Para evolusionis (pendukung evolusi) tetap percaya dengan teori Darwin yang menyatakan bahwa kehidupan terbentuk dengan sendirinya pada tiap tahapan dengan kondisi alamiah. Bagi para umat beragama tentu menolak teori tersebut, karena bagaimanapun setiap sesuatu itu pasti ada campur tangan Tuhan. 

SEJARAH TAHUN KABISAT, SEJAK KAPAN ADA TANGGAL 29 FEBRUARI

sejarah tahun kabisat

Selama ribuan tahun, manusia tak mengenal 29 Februari. Hingga kemudian, Kaisar Julius Caesar menemukan ada yang tak beres.

Sejarah Tahun Kabisat, Sejak Kapan Ada Tanggal 29 Februari?Tahun Kabisat (Thinkstock) Apa yang Anda ketahui tentang tanggal 29 Februari?

Anda mungkin tahu bahwa tanggal tersebut menandai tahun kabisat. Anda mungkin juga tahu bahwa tanggal itu terjadi empat tahun sekali.

Tuesday, March 01, 2016

DESA IE SUUM

Pemandian Air Panas Desa Ie Suum merupakan salah tempat wisata yang terdapat di pedalaman Aceh Besar. Ie Suum dalam bahasa Indonesia berarti air panas. Meski berada di wilayah pedalaman, namun jaraknya relatif dekat, 45 kilometer atau sekitar kurang lebih satu jam perjalanan dari Kota Banda Aceh.

Monday, February 29, 2016

7 TEMPAT YANG COCOK UNTUK MENEMPATKAN CERMIN DI RUMAH

cermin 1

Penampilan merupakan suatu yang penting dan kerap diperhatikan banyak orang. Untuk menjaga agar diri tampil baik dan enak dipandang, salah satu barang yang diperlukan adalah cermin. Wah, rasanya hidup bisa berantakan tanpa cermin, apalagi bagi kaum perempuan yang sedikit-sedikit mengecek penampilan. Selain di depan meja rias, apakah terpikirkan di mana sih letak-letak yang cocok untuk menyimpan cermin, Sobat?. Berikut tips menempatkan cermin yang bisa dicontoh untuk rumah Anda:

Thursday, February 25, 2016

TANAMAN LIAR INI BISA DIJADIKAN RAMUAN MUJARAB UNTUK MENGOBATI BERBAGAI PENYAKIT GANAS

Senggani
Harendong (Sunda). kluruk, senggani (Jawa). ; Senduduk (Sumatera). kemanden (Madura). ; Yeh mu tan (China). singapore rhododendron

Uraian :
Senggani tumbuh liar pada sebagian tempat yang memperoleh cukup sinar matahari, seperti di lereng gunung, semak belukar, lapangan yg tak terlalu gersang, atau di daerah obyek wisata juga sebagai tanaman hias. Tumbuhan itu bisa diketemukan sampai ketinggian 1. 650 m dpl. Perdu, tegak, tinggi 0, 5 - 4 m, banyak bercabang, bersisik dan memiliki rambut. Daun tunggal, bertangkai, letak bertemu bersilang. Helai daun bundar telur memanjang sampai lonjong, ujung lancip, pangkal membulat, tepi rata, permukaan memiliki rambut pendek yg tidak sering dan kaku sampai teraba kasar dengan 3 tulang daun yang melengkung, panjang 2 - 20 cm, lebar 0, 75 - 8, 5 cm, warnanya hijau.

TEKNOLOGI MASA DEPAN YANG SUDAH ADA DI MASA SEKARANG

Teknologi semakin berkembang setiap saat. Zaman sudah semakin canggih dan semakin maju. Seperti kita ketahui negara-negara maju sudah mengeluarkan teknologi yang bahkan bisa menyelamatkan hidup manusia sertainovasi yang canggih. Bahkan tidak sedikit teknologi-teknologi itu yang terinspirasi dari film-film yang menceritakan soal masa depan.
Nah, berikut ini adalah beberapa teknologi masa depan yang saat ini sudah mulai muncul dan berkembang di masa ini.

3D Printer atau Printer 3D

Printer 3D

Printer 3D memang sudah ada dan dikembangkan sebagai alat cetak gambar 3 dimensi. Teknologi Printer terbaru dalam bentuk 3 dimensi ini juga dikenal sebagai prototipe cepat atau stereolithography dimana sebuah objek 3 dimensi dibuat dengan meletakkan lapisan berturut-turut beberapa bahan. 

VOLTMETER DIGITAL DENGAN IC L7107

ic l7107Rangkaian berikut ini adalah voltmeter digital yang sangat berguna dan akurat dengan tampilan seven segment menggunakan IC L7107 dari Intersil. The IC L7107 adalah konverter ADC 3,5 digit yang kinerjanya tinggi dan berdaya rendah. IC ini memiliki rangkaian internal untuk seven segment decoder, display driver, sumber tegangan referensi dan clock. Disipasi daya kurang dari 10mW dan stabilitas tampilannya sangat tinggi.


Cara kerja rangkaian elektronik ini sangat sederhana. Tegangan yang akan diukur diubah ke dalam bentuk digital oleh ADC dalam IC dan kemudian sinyal digital ini diterjemahkan ke format seven segment dan kemudian ditampilkan. ADC yang digunakan dalam IC L7107 adalah ADC jenis ramp ganda. 

RUMUS DAN BUNYI HUKUM OHM

Hukum OHM

Dalam Ilmu Elektronika, Hukum dasar Elektronika yang wajib dipelajari dan dimengerti oleh setiap Engineer Elektronika ataupun penghobi Elektronika adalah Hukum Ohm, yaitu Hukum dasar yang menyatakan hubungan antara Arus Listrik (I), Tegangan (V) dan Hambatan (R). Hukum Ohm dalam bahasa Inggris disebut dengan “Ohm’s Laws”. Hukum Ohm pertama kali diperkenalkan oleh seorang fisikawan Jerman yang bernama Georg Simon Ohm (1789-1854) pada tahun 1825. Georg Simon Ohm mempublikasikan Hukum Ohm tersebut pada Paper yang berjudul “The Galvanic Circuit Investigated Mathematically” pada tahun 1827.

BATERAI DAN JENIS-JENISNYA

baterai primer
Baterai Primer
Baterai (Battery) adalah sebuah alat yang dapat merubah energi kimia yang disimpannya menjadi energi Listrik yang dapat digunakan oleh suatu perangkat Elektronik. Hampir semua perangkat elektronik yang portabel seperti Handphone, Laptop, Senter, ataupun Remote Control menggunakan Baterai sebagai sumber listriknya. Dengan adanya Baterai, kita tidak perlu menyambungkan kabel listrik untuk dapat mengaktifkan perangkat elektronik kita sehingga dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dapat menemui dua jenis Baterai yaitu Baterai yang hanya dapat dipakai sekali saja (Single Use) dan Baterai yang dapat di isi ulang (Rechargeable).