Jumat, Februari 12, 2016

BAYI YANG SUSAH MAKAN


bayi
Salah satu penyebab bayi 6 bulan + tidak mau makan, setelah mendapatkan ASI Eksklusif selama 6 bulan, biasanya bayi mempunyai nafsu makan yang baik. Tetapi terkadang mereka suka tiba-tiba kehilangan nafsu makan atau tidak mau makan sama sekali. Banyak hal bisa jadi penyebabya,. Kemungkinan salah satu penyebabnya adalah sisa-sisa susu atau makanan yang tertinggal di lidah bayi.


Mungkin masih ada orang tua yang belum mengetahui hal ini, terlebih orang tua baru. Sisa-sisa susu atau makanan yang tertinggal di lidah, jika tidak dibersihkan, lama-kelamaan akan semakin tebal. Jika sudah demikian, akan menimbulkan rasa tidak nyaman di mulut bayi dan parahnya lagi, dapat menyebabkan sariawan. Lalu, bagaimana cara membersihkannya?



Membersihkan mulut atau lidah bayi, sebenarnya tidak sulit. Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu kebersihan. Perhatikan langkah-langkah membersihkan mulut bayi berikut ini:


Waktu yang tepat membersihkan mulut bayi adalah sebelum mandi. Pastikan terakhir bayi Anda makan, setidaknya 30 menit sebelumnya. Jika tidak, bisa menyebabkan bayi muntah. Siapkan kain kasa steril yang berbentuk potongan, bukan gulungan. Siapkan 1 mangkuk berisi air agak hangat yang biasa diterima bayi, bila terlalu panas bisa menyebabkan lidah sariawan. 

Cuci kedua tangan Anda dengan sabun dan bilas dengan air bersih lalu keringkan. Balutlah jari kelingking Anda dengan kain kasa steril. Pangku bayi dengan posisi duduk yang nyaman. Celupkan jari yang dibalut kain kasa steril di air hangat dan masukan ke mulut bayi. 


Ingat,jangan masukan jari Anda terlalu dalam, karena bisa menyebabkan bayi muntah. Berikan tekanan lembut pada lidah, ulangi sekali lagi, tarik jari Anda. Jangan terlalu mengaharapkan (langsung bersih) dari sekali membersihkan. Sedikit demi sedikit tapi pasti. Jika Anda juga mau membersihkan gigi bayi dengan kain kasa (biasanya suka ada bayi yang menolak sikat gigi), gantilah kain kasa tadi dengan yang baru. 

Bersihkan gigi bayi perlahan dan ingat, jangan menekan, karena gusi bayi masih sangat lembut. Jika bayi Anda menolak untuk dibersihkan mulutnya, ajaklah berbicara, bercanda atau bernyanyi. Jangan pernah memarahinya, karena bisa membuat bayi trauma dan malah tidak mau dibersihkan sama sekali.

Terimakasih telah mampir dan membaca artikel BAYI YANG SUSAH MAKAN semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar