Kamis, Februari 25, 2016

VOLTMETER DIGITAL DENGAN IC L7107

ic l7107Rangkaian berikut ini adalah voltmeter digital yang sangat berguna dan akurat dengan tampilan seven segment menggunakan IC L7107 dari Intersil. The IC L7107 adalah konverter ADC 3,5 digit yang kinerjanya tinggi dan berdaya rendah. IC ini memiliki rangkaian internal untuk seven segment decoder, display driver, sumber tegangan referensi dan clock. Disipasi daya kurang dari 10mW dan stabilitas tampilannya sangat tinggi.


Cara kerja rangkaian elektronik ini sangat sederhana. Tegangan yang akan diukur diubah ke dalam bentuk digital oleh ADC dalam IC dan kemudian sinyal digital ini diterjemahkan ke format seven segment dan kemudian ditampilkan. ADC yang digunakan dalam IC L7107 adalah ADC jenis ramp ganda. 

Proses yang terjadi di dalam ADC dapat dinyatakan sebagai berikut: 
Untuk jangka waktu tertentu tegangan yang akan diukur diintegrasikan untuk mendapatkan sebuah turunan pada output dari integrator. Kemudian tegangan referensi yang sudah diketahui beda potensialnya diterapkan ke input integrator dan dibiarkan merosot sampai output integrator menjadi nol. Waktu yang dibutuhkan untuk turunan negatif mencapai nol diukur dalam bentuk siklus clock IC dan itu akan sebanding dengan tegangan di bawah pengukuran. Dengan kata sederhana, tegangan input dibandingkan dengan tegangan referensi internal dan hasilnya diubah dalam format digital.


Resistor R2 dan C1 digunakan untuk mengatur frekuensi clock internal IC. Kapasitor C2 menetralkan fluktuasi tegangan referensi internal dan meningkatkan stabilitas dari display. R4 mengontrol jangkauan voltmeter. Tiga display di sebelah kanan saling berhubungan, dengan demikian dapat menampilkan semua digit. Display yang paling kiri hanya dapat menampilkan "1" dan "-". Pin5 (mewakili dot) terhubung ke ground hanya untuk tampilan ketiga dan posisinya perlu diubah ketika mengubah jangkauan volt meter dengan cara mengganti R4. (R4 = 1.2K untuk rentang 0-20V, R4 = 12K untuk rentang 0-200V).

Catatan:
Rangkaian dapat diaktifkan dari power supply ganda + /-5V.
Untuk kalibrasi, aktifkan rangkaian dan short-kan terminal input. Kemudian sesuaikan R6 sehingga pada tampilan muncul 0V.
ICL7107 adalah perangkat CMOS dan sangat sensitif terhadap listrik statis. Jadi hindari menyentuh IC pin dengan tangan kosong.
display seven segment harus berdasarkan jenis common anode.

Demikianlah artikel ”VOLTMETER DIGITAL DENGAN IC L7107” semoga dapat memberikan manfaat dan tambahan wawasan kepada anda dan terima kasih atas kunjungan anda.